Staff Payroll: Pengertian, Tugas, Syarat dan Gaji nya

Pada setiap perusahaan yang memiliki karyawan pastinya juga memiliki petugas admin dan staff payroll. Yang mana mereka merupakan sosok karyawan penting sebagai petugas yang melakukan proses penggajian terhadap keseluruhan karyawan atau pekerja pada perusahaan itu sendiri.

Pada dasarnya Payroll adalah suatu sistem dalam administrasi yang digunakan untuk penggajian setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Dan bisa juga disebut sebagai cara hitung suatu gaji karyawan yang dilakukan oleh staff payroll itu sendiri.

Pengertian Staff Payroll

Staff Payroll adalah profesi atau pekerja yang melakukan proses penggajian karyawan. Dengan menggunakan berbagai cara maupun sistem yang dapat digunakan. Mereka melakukan penghitungan berdasarkan ketentuan perusahaan dari gaji tunjangan, bonus, uang transport uang makan hingga Lembur.

Perusahaan yang sudah memiliki karyawan banyak dan besar akan sulit melakukan proses penggajian jika dilakukan menggunakan proses manual. Maka dari itu staff payroll akan menggunakan berbagai sistem dan aplikasi supaya proses dalam penghitungan keseluruhan pengajian dapat dengan mudah dilakukan.

Karyawan ini merupakan bagian dari departemen HR yang memiliki tugas dalam perihal penggajian karyawan hingga proses penghitungan seluruh tunjangan dan potongan karyawan pada perusahaan. Mereka menghitung seluruh komponen pendapatan dan potongan yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

Tugas Staff Payroll

Dalam setiap perusahaan pastinya akan memiliki petugas back office yang bertugas sebagai profesi bagian penggajian. Pada dasarnya mereka memiliki tugas yang tak lain adalah menggaji karyawan disana. Berikut ini akan kami berikan beberapa tugas staff payroll yang perlu anda ketahui.

Melakukan proses penggajian

Tugas utama karyawan ini tak lain adalah sebagai petugas yang melakukan penggajian atas seluruh karyawan. Dimana setiap karyawan akan mendapatkan haknya dari hal upah bonus hingga jaminan lain yang sudah ditentukan sebelumnya. staff payroll merupakan team inti dari departemen HR.

Dalam setiap gaji yang diberikan perusahaan terdapat komponen yang terdiri dari banyak hal seperti gaji pokok, bonus, uang makan, uang transport, jaminan hari tua, jaminan kesehatan, hingga uang lembur. Peran mereka adalah melakukan penghitungan yang sesuai dengan jumlah yang semestinya mereka dapatkan.

Menghitung perincian gaji karyawan

Karyawan setiap perusahaan berhak mengetahui rincian rincian gaji yang didapatnya. Disana banyak terdapat komponen tambahan dan potongan yang jumlahnya sangat bervariasi. Dari BPJS jaminan hari tua hingga pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah.

Melakukan input data absensi karyawan

Karyawan yang datang wajib melakukan absensi baik secara manual maupun dengan fingerprint. Tugas staff payroll adalah menghitung dan menjumlah hasil kehadiran setiap karyawan. Dengan rumus dan cara penghitungan mereka masing masing akan dapat dengan mudah mengetahui jumlah yang didapatkan setiap karyawan

Membuat laporan hasil absensi karyawan untuk proses penggajian

Absensi karyawan sangat dibutuhkan dalam pembuatan laporan perihal pembayaran gaji karyawan. Setiap Kedatangan karyawan pada jam yang sudah ditentukan akan dihitung jam kerja hingga delapan jam kedepannya. Untuk selebihnya akan dihitung lembur sesuai ketentuan setiap perusahaan.

Proses ini dapat dilakukan dengan aplikasi fingerprint dan prosesnya sangat mudah dalam penghitungannya. Setiap detik dalam kurang lebihnya akan dapat dengan mudah di ketahui dalam sistem komputer

Menyediakan Slip gaji

Setiap karyawan berhak mendapatkan slip gaji yang dikeluarkan oleh team payroll yg diberikan oleh perusahaan masing masing. Rincian lengkap di dalamnya merupakan tanggung jawab staff payroll. Dari catatan potongan potongan hingga bonus dan lembur adalah isi didalam suatu slip gaji.

Dengan slip gaji, karyawan dapat menggunakannya sebagai bukti bahwasanya mereka mendapatkan pendapatan. sebagai pengajuan kredit atau pinjaman ke bank slip gaji sangatlah dibutuhkan.

Melakukan proses penggajian terhadap staff lama dan staff baru

Keluar masuknya karyawan dalam sebuah perusahaan pastinya sudah menjadi hal yang biasa terjadi, Dalam hal ini tugas staff payroll sangatlah berpengaruh dalam melakukan perhitungan dan penjumlahan gaji karyawan tersebut.

Staff payroll melakukan penghitungan absensi sesuai tanggal dimana karyawan baru dan lama bekerja. Maka dari itu perlu adanya komunikasi yang baik antara staf HRD team payroll.

Mengisi dan membuat laporan pajak

Setiap perusahaan wajib membuat laporan pajak kepada departemen pemerintahan sesuai undang undang yang berlaku. Staff payroll merupakan profesi yang bertanggung jawab atas perihal ini. mereka melakukan laporan dengan menggunakan cara dan sistem sesuai ketentuannya

Laporan pajak dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa ribet saat ini setelah adanya software yang perpajakan. Selain itu pengerjaanya juga akan dapat mengurangi waktu staff payroll tanpa harus banyak dalam proses menghitung. Dengan software ini juga dapat meminimalisir penggunaan kertas

Syarat menjadi staff payroll

Perusahaan tidak akan dengan mudah menjadikan atau menerima pekerja yang akan dijadikan sebagai petugas payroll. perlu banyak pertimbangan dalam proses perekrutan pekerja ini. Berikut akan kami berikan beberapa syarat yang wajib dimiliki untuk menjadi seorang staff payroll.

Dapat Mengoperasikan komputer dan perangkat digital lainya

Sebelum anda menjadi staff yang satu ini anda akan ditanyakan perihal kemampuan anda mengoperasikan perangkat komputer. Bahkan mungkin akan juga dimintakan sertifikat atau nilai hasil kemampuan dalam bidang komputer tersebut.

Staff payroll akan melakukan pekerjaanya dengan menggunakan peralatan komputer dengan aplikasi. Agar dapat melakukan dan mengerjakannya dengan mudah dan cepat dan mengurangi resiko kesalahan besar jika melakukan secara manual.

Memiliki Pengetahuan dan kemampuan dalam berhitung

Karena akan berkaitan dengan keuangan maka dari itu staff ini harus banyak memiliki pengetahuan dan juga cepat dan tepat dalam melakukan perhitungan. Memiliki kecepatan dalam berhitung merupakan kunci profesi satu ini.

Dapat Sigap Dalam Memecahkan Permasalahan

Mampu mengatasi masalah masalh yang terjadi dalam proses penggajian seperti kesalahan human error.

Memiliki Pengetahuan Perihal Administrasi

Proses administrasi juga perlu dipahami oleh staff payrol. yang mana mereka akan akan berhadapan dengan staff baru yang butuh pendaftaran perihal absensi finger print dan lainnya

Mampu Melakukan Komunikasi yang baik

Profesi ini akan sering berinteraksi dengan karyawan yang akan melakukan proses pengajuan slip gaji. mereka akan menanyakan permasalahan perihal gaji hingga perincian perincian kepada staff payroll.

Memahami perihal Regulasi

Regulasi yang sesuai harus sesuai pada setiap perusahaan yang mana Petugas ini wajib menaati sesuai ketentuan yang berlaku. Memahami regulasi merupakan syarat menjadi payroll staff yang wajib pada setiap calon

Gaji Staff Payroll

Seperti yang disampaikan narasumber yang saat ini masih aktif menjabat profesi ini.sopin alvino halimtara adalah karyawan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman Di bali. Dengan besarnya tanggung jawab yang harus di embannya

Kunjungi artikel lain kami tentang pengertian Bartender

Penutup Pembahasan Staff Payroll

Pada intinya profesi sangat berpengaruh dalam bekerjanya suatu perusahaan. termasuk dalam salah satu jajaran profesi terpenting untuk berkembangnya suatu perusahaan. Cukup sampai disini pembahasan tentang pengertian staff payroll. Semoga a dapat menambah pengertian dan wawasan anda.

Jangan lupa kunjungi artikel lain kami agar anda dapat selalu aktif dalam bidang pengetahuan. salam semangat dari kami JTMPARADISE.COM

jtm paradise
Seorang bapak, mencoba berbagi pengalaman di media sosial.

Public Area: pengertian, Jenis, Tugas dan tanggung jawab

Dalam dunia perhotelan akan sering anda mendengar kalimat public area atau tulisan di dinding sebagai petunjuk lokasi dan tempat yang dapat digunakan...

Pengertian Table Set Up: Jenis, Fungsi, Alat, Hingga Penataanya

pengertian Table set up. Bagi anda yang pernah berkunjung di suatu restoran hoel maupun hotel pastinya akan menemui tempat hidangan para tamu...

Tugas dan Tanggung Jawab Account Assistant

Account assistant Pastinya perusahaan memiliki departemen akunting di dalamnya. Mereka bertugas dalam hal keuangan baik uang masuk hingga uang keluar dari perusahaan...

Pengertian Checker: Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

Pengertian checker. Ketelitian dalam pemeriksaan hasil akhir suatu pekerjaan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh petugas yang mana dipilih oleh atasan untuk...

Departemen Bagian-bagian Kerja Di Pabrik Garment Dan Tugas Masing Masing

Bagian-bagian kerja di pabrik garment. Pekerjaan yang berkaitan dengan produksi dari jenis kain dan menjahit ini merupakan pekerjaan yang banyak memiliki bagian.

Pengertian House Laundry: Jenis, contoh nya

House laundry. Pernahkah anda menginap di hotel ? pastinya untuk mereka yang sudah pernah menginap di dalamnya akan tau segala jenis kain...