Pengertian Checker: Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

Pengertian checker. Ketelitian dalam pemeriksaan hasil akhir suatu pekerjaan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh petugas yang mana dipilih oleh atasan untuk memeriksa atas apa yang di diproduksi. Mereka diharuskan memeriksa dengan cepat dan benar seluruh hasil produksi.

Banyak barang di pasaran yang masuk namun tidak memenuhi standar karena tidak ada proses check sebelum keluar pabrik atau perusahaan. Kejadian tersebut sering terjadi dan pastinya membuat rugi perusahaan bahkan membuat buruk nama dan citra perusahaan itu sendiri.

Nah disini kita akan membahas tentang apa itu checker dan penjelasanya lengkap hingga apa tugas checker dan tanggung jawab checker itu sendiri.

Pengertian Checker adalah

Checker Adalah pemeriksaan akhir yang dilakukan pada suatu pabrik atau perusahaan. Untuk mengecek atas hasil dari barang yang diproduksi sebelum di packing dan di kirim ke pelanggan.

Pengecekan barang dilakukan demi terciptanya hasil yang sesuai untuk para customer dan para pelanggan di pasaran. Checker wajib memahami dan teliti atas barang yang diproduksi dari segi bentuk, angka huruf atau kode yang dicantumkan.

Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dan kekecewaan terhadap pelanggan setelah barang berada di pasaran. Akan tetapi kegiatan tersebut akan berbeda di setiap perusahaan dan pabrik nya.

Memiliki ketelitian dan fokus dalam melakukan pekerjaanya akan memudahkan pekerjaan departemen lain seperti pengiriman dan kurir supir dan mereka di bagian lapangan.

Tugas Checker

Beda tempat pastinya akan beda tugas pada setiap pekerjaan nya. seperti halnya checker yang merupakan penanggung jawab atas barang yang keluar masuk untuk dilakukanya pemeriksaan. mereka memiliki pekerjaan.

Checker produksi

Pengecekan dalam perusahan besar tetap diperlukan meskipun peralatan mesin mesin yang digunakan sudah termasuk peralatan canggih di dalamnya. Produksi yang banyak akan ada saja hal hal yang disebut dengan kesalahan teknis di dalamnya. Perlu pengecekan dan pengontrolan pada hasil produksi.

Pengecekan pada checker produksi meliputi pemeriksaan pada bahan baku sebelum diproses. Pengecekan yang baik akan dapat menghasilkan nilai dari pelanggan yang baik pula.

Laporan wajib dibuat oleh checker produksi atas hasil hasil produk yang mungkin tidak bagus. Kurang layak jika disebarkan ke pasaran. hasil laporan akan diserahkan kepada atasan agar dapat dilakukannya pembedahan pada hasil produksi.

Checker gudang

Pada setiap perusahaan pastinya akan memiliki gudang sebagai tempat penyimpanan barang barang didalamnya. Disana terdapat petugas checker gudang yang melakukan pemeriksaan pada barang yang keluar masuk pada gudang tersebut.

Petugas ini juga bertugas menjaga kualitas barang selalu baik dan rapi seperti dalam kemasan dan penataan agar mudah dalam melakukan pemilahan. Checker gudang juga melakukan pemisahan barang sesuai jenis nya seperti sabun dengan makanan tidak mungkin boleh disatukan.

Laporan checker gudang adalah hal wajib yang harus dilakukan. Data barang di dalam gudang merupakan tanggung jawab checker gudang itu sendiri. Jumlah stock yang tinggal sedikit harus segera dilaporkan kepada atasan.

Checker Drafting

Proses drafting merupakan pekerjaan yang vital dan harus penuh ketelitian dalam hal pembuatan gambar ukuran warna bentuk hingga tulisan dan angka. Checker drafting memastikan hasil produksi sesuai dengan pesanan pelanggan atau permintaan atasan.

Pengecekan dilakukan setelah seorang drafter menggambar barang yang akan diproduksi. Setelah itu dilakukan pengecekan maka proses selanjutnya diberikan kepada enginering untuk pengerjaannya.

Checker Pabrik

Pabrik Merupakan tempat produksi barang dalam jumlah besar. Meskipun didalamnya sudah banyak yang menggunakan peralatan maupun mesin mesin yang dirasa sudah canggih. Tetap saja diperlukan petugas untuk checker pabrik itu sendiri untuk menghindari barang atau hasil produksi yang tidak sesuai standar sampai kepada customer.

Checker Pabrik adalah petugas finishing yang merupakan penanggung jawab atas barang yang akan didistribusikan. Mereka melakukan pengecekan atas hasil dari produksi pabrik mulai dari ukuran jenis bentuk hingga berat dan warna nya.

Tanggung Jawab Checker

Checker merupakan petugas penyaring atas barang yang sudah dibuat atau diproduksi dan memastikan kualitasnya terjaga sebelum digunakan para customer. Permintaan jumlah kuota barang yang diinginkan pelanggan juga merupakan tanggung jawab checker.

Sebagai filter terakhir, checker memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankan tugasnya. Kesalahan yang terjadi dalam melakukan pengawasan akan berakibat buruknya penilaian masyarakat yang menggunakan atau mengkonsumsi hasil dari produksi itu sendiri.

jangan lupa kunjungi juga bagian kerja di pabrik garment

Gaji Checker

Dengan beban dan tanggung jawab berat yang harus dikerjakannya. Checker juga memiliki pemasukan gaji yang lumayan tinggi. Ketelitian dan kecermatanya dalam bekerja sesuai dan imbang dengan apa yang didapatkannya menjadi checker.

Seorang checker mendapatkan gaji yang lumayan besar hingga mencapai 5 juta. pendapatan tersebut sebanding dengan beratnya tugas yang harus di embanya.

jtm paradise
Seorang bapak, mencoba berbagi pengalaman di media sosial.

Public Area: pengertian, Jenis, Tugas dan tanggung jawab

Dalam dunia perhotelan akan sering anda mendengar kalimat public area atau tulisan di dinding sebagai petunjuk lokasi dan tempat yang dapat digunakan...

Pengertian Table Set Up: Jenis, Fungsi, Alat, Hingga Penataanya

pengertian Table set up. Bagi anda yang pernah berkunjung di suatu restoran hoel maupun hotel pastinya akan menemui tempat hidangan para tamu...

Tugas dan Tanggung Jawab Account Assistant

Account assistant Pastinya perusahaan memiliki departemen akunting di dalamnya. Mereka bertugas dalam hal keuangan baik uang masuk hingga uang keluar dari perusahaan...

Pengertian Checker: Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

Pengertian checker. Ketelitian dalam pemeriksaan hasil akhir suatu pekerjaan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh petugas yang mana dipilih oleh atasan untuk...

Departemen Bagian-bagian Kerja Di Pabrik Garment Dan Tugas Masing Masing

Bagian-bagian kerja di pabrik garment. Pekerjaan yang berkaitan dengan produksi dari jenis kain dan menjahit ini merupakan pekerjaan yang banyak memiliki bagian.

Pengertian House Laundry: Jenis, contoh nya

House laundry. Pernahkah anda menginap di hotel ? pastinya untuk mereka yang sudah pernah menginap di dalamnya akan tau segala jenis kain...