Pengertian Cook Helper: Tugas, Syarat, Peralatan dan Gaji

Pengertian Cook helper adalah nama lain dari pembantu chef di musim pandemi saat ini banyak pariwisata di indonesia yang masih ditutup. Namun Tak membuat cook helper kehilangan pamornya. Kebutuhan kitchen team akan pentingnya cook helper pada tempat restoran maupun hotel membuat karyawan satu ini tetap exis dalam bisnis food and beverige.

Contents

Pengertian Cook Helper

Pengertian Cook Helper adalah karyawan yang bertugas sebagai asisten koki pada ruang lingkup kitchen. Sebagai karyawan yang membantu koki dalam banyak hal,cook helper memiliki peran yang sangat penting dalam suatu tim, cook helper bertanggung jawab penuh atas semua keperluan yang dibutuhkan oleh chef / koki.

Cook helper kebanyakan di awal kerjanya hanya akan diizinkan untuk membantu membersihkan alat, tempat. Dan juga akan sedikit ditugaskan membawakan bahan atau peralatan dari gudang penyimpanan ke dalam kitchen. Mereka akan banyak ditugaskan di bagian luar, agar dapat memahami seluruh kegiatan operasional di dalam suatu restoran.

Tugas Cook Helper

Setiap karyawan atau staf pastilah memiliki tugas dan tanggung jawab masing masing. Di sini akan kami berikan beberapa jenis tugas yang harus dilakukan seorang cook helper

Mempersiapkan Seluruh Peralatan.

Sejak pertama datang tugas awal cook helper yaitu mempersiapkan peralatan yang diperlukan oleh chef nantinya. Peralatan tersebut juga harus bersih steril dari segala kotoran. Cook helper bertanggung jawab penuh atas kelengkapan peralatan dan tempat kitchen itu sendiri. Chef memiliki hak untuk menyuruh atau meminta bantuan kepada cook helper.

Mempersiapkan Bahan-bahan yang akan dimasak

Bahan mentah yang akan dimasak atau diolah koki merupakan tanggung jawab cook helper. Koki atau chef akan memberikan list bahan-bahan yang harus tersedia di wilayah kitchen. Cook helper lah yang menyiapkannya semua dan berkoordinasi dengan team purchasing.

Membersihkan peralatan dan menyimpan setelah di pakai.

Setelah pekerjaan selesai, petugas kitchen memiliki tugas dan tanggung jawab membersihkan peralatan kerja. Tak hanya selesai disana,cook helper juga harus menyimpan peralatan yang sudah bersih pada tempat yang sudah disiapkan sebelumnya.

Membantu koki dan team memasak makanan

Tidak semua cook helper diizinkan membantu memasak koki di dalam ruangan kitchen, semua tergantung kebijakan perusahaan dan koki itu sendiri. Membantu koki memasak merupakan pekerjaan yang tidak gampang, karena makanan tersebut akan disuguhkan pada tamu. Bisa jadi cook helper akan dimintai bantuan untuk memotong sayur atau daging mengupas buah buahan.

Syarat Menjadi Cook helper

Menjadi cook helper tak harus selalu lulus dari sekolah perhotelan, chef / koki pada sebuah restoran di indonesia. Di bali banyak yang menerima mereka sebagai cook helper meskipun hanya lulusan sekolah umum, mereka akan dilatih mulai dari Nol. Selain Pengertian Cook Helper Berikut akan kami berikan beberapa persyaratan untuk menjadi cook helper.

Berpendidikan

Pendidikan menjadi hal terpenting dalam syarat menjadi seorang pekerja,tak terkecuali seorang cook helper. Sangat jarang perusahaan ataupun restoran menerima karyawan tanpa adanya dasar pendidikan. Setidaknya minimal pernah mengikuti pendidikan sekolah menengah umum dan memiliki ijazah..

Saat ini banyak sekolah-sekolah yang sudah memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan. Pada sekolah tersebut di dalamnya terdapat kurikulum food and beverage, dan cook helper. mereka juga akan di berikan kesempatan magang di perusahaan-perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan sekolah tersebut.

Memiliki Dokumen lengkap

Surat identitas merupakan syarat penting bagi mereka yang akan mendapatkan pekerjaan, perusahaan akan meminta surat kelengkapan pelamar di awal. Seperti KTP, KK, IJAZAH, surat sehat, SKCK, foto 4×6 beberapa lembar, jika ada surat pengalaman kerja di tempat lain, dan juga beberapa surat identitas penting lainya.

Berpenampilan Menarik

Meskipun Cook helper termasuk salah satu anggota team yang berada di belakang layar, mereka harus tetap berpenampilan menarik dan rapi. Mereka tidak diijinkan berpakaian yang tidak sesuai. seperti celana bolong-bolong, baju kaos oblong, memakai sandal, rambut panjang dan berantakan.

Tidak selalu juga cook helper ditugaskan bekerja di bagian dalam wilayah kitchen. Mereka sesekali juga akan di tugaskan keluar wilayah seperti membersihkan wilayah kitchen bagian luar. Dan mengambil keperluan peralatan dan bahan yang berada di luar area kitchen.

Sopan Dalam Tingkah Laku dan Tutur Kata

Sopan santun akan dilihat pada awal cook helper melamar pekerjaan. Mereka akan dinilai dari perilaku baik dalam tutur kata atau tingkah laku nya. Seleksi seperti itu dilakukan oleh perusahaan maupun restoran kepada seluruh pelamar kerja. Dilakukannya seleksi agar calon karyawan nantinya sopan terhadap tamu maupun atasan dan team matinya,

Semangat Dalam Bekerja

Menjalankan tugas ketika bekerja dengan semangat merupakan salah satu syarat penting menjadi cook helper. Tidak mungkin juga perusahaan menerima karyawan yang tidak memiliki semangat bekerja, atau meneruskan kontrak nantinya jika cook helper tersebut

Peralatan Cook Helper

  • Topi kitchen
  • Aprons
  • Lap basah
  • Lap kering
  • Semprotan pembersih

Pertanyaan interview Cook helper

Proses melamar pekerjaan pastinya akan ada sesi interview di dalamnya, tak terkecuali bagian cook helper. Berikut akan kami berikan bocoran tentang apa saja pertanyaan yang akan di berikan kepada anda jika melamar sebagai cook helper.

Perkenalkan diri anda

Hal pertama yang membuka suatu kegiatan interview adalah perkenalan (introducing), lakukan dengan tegas semangat dan sopan santun, penilaian anda akan diawali dari sesi pertanyaan ini.

Sudah mempunyai pengalaman atau belum?

Pertanyaan tersebut akan menjadi pertanyaan selanjutnya, tetaplah fokus dengan menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sebenarnya. Tidak ada masalah besar jika memang anda masih tergolong dalam fresh graduate. Karena cook helper memang karyawan yang dimulai dari nol.

Pendidikan terakhir? jurusan apa?

Beruntunglah anda jika memiliki ijazah dengan lulusan sekolah perhotelan atau pariwisata. Yang mana pastinya anda sudah dibekali dengan dasar-dasar pengetahuan tentang cook helper atau chef di sekolah tersebut sebelumnya.

Apa yang anda ketahui tentang cook helper?

Berikutnya karena anda akan melamar kerja di bagian cook helper. Pastilah anda akan ditanyakan oleh HRD atau chef yang memberikan interview tentang apa yang anda ketahui tentang cook helper. Jawablah pertanyaan tersebut dengan tenang tegas dan lancar. Cook Helper merupakan seorang pekerja atau seorang asisten chef/koki pada team kitchen. Dan juga sebagai karyawan yang bertugas membantu koki dalam banyak hal di dalam ruang lingkup kitchen.

Siapkah anda bekerja dengan semangat sebagai cook helper?

Jika muncul pertanyaan tersebut jawablah dengan tegas dan percaya diri dengan jawaban SIAP. SAYA BERSEDIA.kecuali memang anda tidak tertarik dengan cook helper.

Apa yang anda lakukan jika diterima diperusahaan kami?

Pada umumnya pertanyaan terakhir yang akan anda terima adalah apa yang akan anda lakukan jika diterima di perusahaan atau restoran tersebut selanjutnya. Maka jawab pertanyaan tersebut dengan tegas dan sopan. Anda akan bekerja keras dengan giat dan memberikan loyalitas kerja dengan penuh maximal.

Gaji Cook helper

Memiliki tanggung jawab yang besar menjadi cook helper, karena harus melayani seorang koki. Mereka memiliki gaji yang lumayan besar, berperan dalam kegiatan operasional di kitchen, profesi cook helper mendapatkan gaji kisaran Rp 2.500.000
pendapatan tersebut tidak bisa di buat menjadi patokan.

Perbedaan UMK setiap daerah di indonesia sangat bervariasi, mulai terkecil dari 1.700.000 hingga terbesar 4.500.000. Besar kecilnya gaji juga tergantung perusahaan atau restoran yang menggunakan jasa staff cook helper ini.

Profesi seorang cook helper adalah profesi yang menarik untuk mereka yang memang benar benar suka dengan sesuatu yang berhubungan dengan masakan. Banyak koki besar yang dulunya berawal dari bawah karirnya, seperti menjadi cook helper.

Demikianlah informasi tentang Pengertian Cook Helper, tugas syarat menjadi,peralatan, pertanyaan interview dan gaji cook helper. Semoga penjelasan di atas memberikan pengetahuan dan menambah wawasan anda sebagai calon orang sukses

Leave a Comment